ads header

Postingan Terbaru

"THE ONLY LIVING SHOHABI", SAHABAT RASUL YANG MASIH HIDUP SELAMA 1400 TAHUN LEBIH



Manusia adalah makhluk sosial yang Allah ciptakan dengan berbagai keunikan juga kelebihan yang berbeda, dengan begitu manusia membutuhkan teman dalam perjalanan hidupnya. Begitu juga dengan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang hidup 1400 tahun yang lalu. Beliau tentunya mempunyai banyak shahabat dalam menjalani kehidupannya, baik sebelum diutus menjadi rasul ataupun setelahnya. Diantaranya yaitu Abu bakar as-Shiddiq, Umar ibn Khattab, Ali ibn Abi thalib,  Utsman ibn Affan,dll.

Namun ternyata, dari sekian banyaknya sahabat Rasul, hanya ada satu shahabat Rasul yang masih hidup samapi sekarang. Ia adalah sebuah pohon yang hidup di tengah padang pasir bernama Buqa’awiyya, Yordania. Usianya sudah lebih dari 1400 tahun, dan masih hidup sampai hari ini, maka dari itu ia diberi julukan “The Only Living Sahabi”.

Menurut beberapa sumber, pohon ini pernah menaungi Rasulullah SAW selama dua kali.

Pertama, ketika Rasulullah berdagang ke Syam bersama Maisaroh, kemudian Rasulullah berteduh di bawah pohon ini. Pada saat Rasul berteduh, dahan dan ranting-rantingnya bergerak menaungi rasul dari teriknya matahari. Seorang Rahib yang melihat kejadian ini mendatangi keduanya, dan berkata kepada Maisaroh, “Hanya seorang Nabi saja yang dapat berteduh di bawah pohon ini.”

Kedua, ketika Rasulullah melakukan perjalanan ke Syam bersama kafilah pamannya, Abu Thalib. Di sini lah seorang pendeta bernama Bahira menjamu kafilah Quraisy untuk beristirahat. Namun, Muhammad kecil tidak ikut bersama mereka, ia menjaga unta-unta kafilah di bawah pohon ini. Ketika seorang Rahib bernama Bahira melihatnya, ia melihat awan, ranting, dahan pohonnya menaungi Muhammad. Bahira pun mengajaknya untuk berteduh dan bersantap. Dari sinilah, Bahira meramalkan bahwa ia adalah seorang calon Nabi, maka ia berpesan kepada Abu Thalib untuk menjaga Muhammad.

Pangeran Ghazi mengatakan, “Rasulullah duduk di bawah pohon ini.” Kenyataannya jika pohon itu bersedia merundukkan cabang-cabangnnya demi Muhammad merupakan bukti mengai kesaksian terhadap kerasulan Muahmmad. “Karena itulah kami menyebutnya shahabi dalam bahasa Arab.”

Saat ini, pohon tersebut dikelilingi pagar dan juga dilestarikan oleh pemerintah setempat serta dipantau secara rutin. Namun, siapa saja boleh menyentuh dan berlindung di bawah dahannya yang rimbun.  



Sumber: hamba-surga.blogspot.co.id

No comments