ads header

Postingan Terbaru

PUSAT ZAKAT UMAT MENGGELAR MUSYAWARAH KERJA NASIONAL


Bandung, Tanwirnews—Sabtu 28 Januari 2017, Pusat Zakat Umat menyenggarakan Musyawarah akbar tahunan bersama perwakilan dan unitnya dari beberapa daerah. Musyawarah Kerja Nasional (MUSYKERNAS) yang ke 14 Pusat Zakat Umat yang diselenggarakan selama dua hari 28-29 Pebruari 2017 bertempat di Hotel Antik Soreang, Bandung tersebut mengusung tema “Strategi Pusat Zakat UmatDalam Regulasi Undang-Undang Zakat Di Indonesia”.

Setelah Pusat Zakat Umat resmi menjadi LAZNAS, maka penting bagi PZU sebagai LAZ skala nasional untuk terus mengembangkan strategi-strategi tertentu untuk semakin mengoptimalkan pengelolaan ZIS. Dan dalam Musykernas ke 14 ini PZU beserta perwakilan dan unitnya akan mengevaluasi kinerja tim PZU untuk selanjutnya akan diadakan perbaikan dan pengembangan internal.

KH. Haris Muslim, MA,Lc. selaku sekretaris umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam mewakili Ketua Umum PP Persis memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa poin penting diantaranya:
  1. Perlu adanya upaya membangkitkan kesadaran umat islam mengenai kewajiban zakat yang setara dengan kewajiban shalat. Selain itu, pengelolaan zakat mesti terorganisir dengan baik sebagaimana Rasulullah SAW. membangun Baitulmal untuk pengorganisasian ZIS. Hal ini disampaikan karena tidak sedikit umat islam yang masih menyalurkan zakatnya secara individu.
  2. Potensi zakat sebenarnya dapat mengatasi masalah kemiskinan suatu daerah bahkan Negara. Hal ini berdasarkan hasil penelitian mengenai peta kekuatan ZIS umat islam apabila terkoordinir dengan baik.
  3. Dari Rp 217 triliun potensi zakat nasional, baru 1,5% saja yang terorganisir di lembaga-lembaga amil zakat. Data tersebut menunjukan bahwa potensi kekuatan ekonomi umat islam dari sisi ZIS masih sangat banyak yang belum terorganisir dengan baik. Ini lah yang menjadi pekerjaan rumah LAZ.
Dalam acara musykernas terebut selain evaluasi dan perencanaan program, juga diisi dengan beberapa seminar seputar pengeloaan ZIS untuk menambah wawasan untuk meningkatkan kualitas amilin PZU dengan narasumber dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum Zakat (FOZ).

[El/TanwirNews]

No comments